Minggu, 06 Juli 2008

Air bisa digunakan langsung

Bak PAH semen

Bangunan penampung air hujan (PAH) saat ini masih berukuran kecil dengan kualitas air yang miskin mineral, dan kadang-kadang sering retak akibat tidak adanya sistem pembasahan yang menerus terhadap bahan bangunannya. Dengan curah hujan yang tinggi dan dengan penguapan alami yang bisa ditiadakan untuk skala lokal, maka volume air hujan yang dikumpulkan bisa diperbesar asalkan bangunan penangkap air hujan yaitu atap bangunan luasnya juga diperbesar dan cukup memadai. Dalam bangunan ABSAH, ukuran resevoir penyimpan air hujan disesuaikan dengan melakukan perhitungan neraca hidrologi (mass curve analysis), dengan memperhatikan besar curah hujan dan luas atap bangunan. Kualitas air yang diperoleh bisa ditingkatkan mutunya, dan konstruksi bangunan dibuat tahan terhadap retakan.

Penyimpangan di Lapangan :
  • Aplikasi di lapangan tidak memakai saringan sehingga air tidak memenuhi syarat air bersih.
  • Ukuran untuk 1 KK tidak mengikuti perencanaan sehingga sangat kurang dari kebutuhan dasar.
Bak PAH Ferro semen

Biaya pembuatan bak PAH relatif mahal. Tetapi model PAH dari ferosemen biayanya lebih murah, mudah dibuat, bahan bakunya mudah didapat, konstruksi kuat, tahan lama, dan air yang ditampung pun tak tercemar.

Ferosemen adalah semacam dinding beton tipis dengan tulangan yang berlapis-lapis serta berdiameter kecil. Bahannya terdiri atas semen, kawat ayam, pasir, dan bak berbentuk silinder dengan volume antara 2,5 - 10 m3.

Kolam tandon air rumah tangga sudah banyak dipakai masyarakat secara tradisional sebagai cadangan air bersih. Misalnya kolam tandon harian komunal di Gunung Kidul, DI Yogyakarta (kolam PAH atau kolam pengumpul air hujan). Tiap keluarga secara individual membuat kolam tandon di bawah rumah atau di bawah teras. Untuk rumah sederhana dan rumah tingkat atau hotel dapat digunakan kolam tandon vertikal bentuk silinder dengan diameter 1-2 meter, disesuaikan dengan desain rumah yang ada, sehingga pengalirannya dapat dengan metode gravitasi.

Metode ini sangat menguntungkan karena minimal selama musim hujan kebutuhan dasar air bersih dapat ditopang dengan bak tandon ini. Dengan cara ini, kantor-kantor pemerintah dan swasta dapat memulai memanen hujan untuk mengurangi anggaran air bersih dari PDAM selama sekitar tujuh bulan (pada musim hujan dan beberapa bulan pada awal musim kemarau).

Bak PAH Fiber

>>>

Bak PAH dari bahan PVC
>>>

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Kami

Info lebih lanjut bisa menghubungi www.thetrekkers.com


Toko dan Kantor www.thetrekkers.com

Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 9

(2 Km di sebelah Utara Hotel Hyatt)

Kamdanen, Sarihardjo, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Telp +62-812-276-5434

SMS Hotline + WhatsApp : +62-812-276-5434

Email : ferriisk@yahoo.com - ferriisk@thetrekkers.com

Facebook : www.facebook.com/thetrekkers Twitter : @thetrekkerscom

Youtube : http://www.youtube.com/thetrekkersjogja


Produk dan ide-ide kami bisa juga dilihat di :


www.thetrekkers.com

Blog http://blog.thetrekkers.com/


http://tenda.thetrekkers.com/


http://perahualuminium.thetrekkers.com/


http://tangkiair.thetrekkers.com/


http://toiletportable.thetrekkers.com/


http://drybag.thetrekkers.com/


http://tasp3k.thetrekkers.com/


http://sepatu.thetrekkers.com

http://perahukaret.thetrekkers.com

http://mainanair.thetrekkers.com/


http://wisata.thetrekkers.com/


http://perahu.thetrekkers.com/